DEFINISI BAHASA, PEMBELAJARAN, DAN PENGAJARAN
A. Bahasa
1. Bahasa
adalah alat yang sistematis untuk menyampaikan gagasan atau perasaan dengan
memakai tanda-tanda, bunyi-bunyi, gestur, atau tanda-tanda yang disepakati yang
mengandung makna yang dapat dipahami (Webster’s Third New International
Dictionary of the English Language, 1961:1270).
2. Bahasa
adalah sistem simbol vokal yang arbitrar yang memungkinkan semua orang dalam
suatu kebudayaan tertentu, atau orang lain yang mempelajari sistem kebudayaan
itu, berkomunikasi atau berinteraksi (Finocchiaro, 1964:8).
3. Bahasa
adalah sistem bunyi yang arbitrar yang dipergunakan oleh para anggota kelompok
sosial untuk bekerjasama, berkomunikasi, dan mengidentifikasi diri
(Kridalaksana dalam Kentjono, 1982:2).
4. Bahasa
adalah sistem bunyi dan urutan bunyi vokal yang terstruktur yang digunakan,
atau dapat digunakan, dalam komunikasi interpersonal oleh sekelompok manusia
dan secara lengkap digunakan untuk mengungkapkan sesuatu, peristiwa, dan proses
yang terdapat di sekitar manusia (Carrol, 1961:10).
5. Keraf dalam
Smarapradhipa (2005:1), memberikan dua pengertian bahasa. Pengertian pertama
menyatakan bahasa sebagai alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa
simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Kedua, bahasa adalah
sistem komunikasi yang mempergunakan simbol-simbol vokal (bunyi ujaran) yang
bersifat arbitrer.
6. Language
can be defined as a socially shared combinations of those symbols and rule
governed combinations of those symbols (bahasa dapat didefenisikan sebagai kode
yang diterima secara sosial atau sistem konvensional untuk menyampaikan konsep
melalui kegunaan simbol-simbol yang dikehendaki dan kombinasi
simbol-simbol yang diatur oleh ketentuan) (Owen dalam Stiawan, 2006 : 1).
7. Tarigan
(1989 : 4), Beliau memberikan dua definisi bahasa :
Bahasa adalah suatu sistem yang sistematis
barangkali untuk sistem generatif.
Bahasa adalah seperangkat lambang-lambang atau
simbol-simbol arbiter.
8. Bahasa
adalah rangkaian bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia secara sadar
(Santoso, 1990 : 1).
9. Bahasa
adalah sistem simbol bunyi yang bermakna dan berartikulasi (dihasilkan oleh
alat ucap) yang bersifat arbitrer dan konvensional, yang dipakai sebagai alat
berkomunikasi oleh sekelompok manusia untuk melahirkan perasaan dan pikiran
(Wibowo, 2001:3).
10. Bahasa adalah komunikasi
yang paling lengkap dan efektif untuk menyampaikan ide, pesan, maksud dan
pendapat kepada orang lain (Wibowo, Walija, 1990 : 4).
11. Bahasa adalah suatu sistem
yang mengutarakan dan melepaskan apa yang terjadi pada sistem saraf (Pengabean,
1981 : 5).
12. Bahasa adalah alat yang
dipakai untuk membentuk pikiran dan perasaan, keinginan dan
perbuatan-perbuatan, alat yang dipakai untuk mempengaruhi dan dipengaruhi.
Kedua, bahasa adalah tanda yang jelas dari kepribadian yang baik maupun yang
buruk, tanda yang jelas dari keluarga dan bangsa, tanda yang jelas dari budi
kemanusiaan (Syamsuddin, 1986:2).
13. Bahasa adalah suatu sarana
perhubungan rohani yang penting dalam hidup bersama (Soejono, 1983 : 01).
B. Pembelajaran
1. Knowles
Pembelajaran adalah cara pengorganisasian peserta
didik untuk mencapai tujuan pendidikan.
2. Slavin
Pembelajaran didefinisikan sebagai perubahan tingkah laku individu yang disebabkan oleh pengalaman.
Pembelajaran didefinisikan sebagai perubahan tingkah laku individu yang disebabkan oleh pengalaman.
3. Woolfolk
Pembelajaran berlaku apabila sesuatu pengalaman secara relatifnya menghasilkan perubahan kekal dalam pengetahuan dan tingkah laku.
Pembelajaran berlaku apabila sesuatu pengalaman secara relatifnya menghasilkan perubahan kekal dalam pengetahuan dan tingkah laku.
4. Crow
& Crow
Pembelajaran adalah pemerolehan tabiat,
pengetahuan dan sikap.
5. Rahil
Mahyuddin
Pembelajaran adalah perubahan tingkah laku yang
melibatkan ketrampilan kognitif yaitu penguasaan ilmu dan perkembangan
kemahiran intelek.
6. Achjar
Chalil
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik
dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
7. Corey
Pembelajaran adalah suatu proses dimana
lingkungan seseorang secara disengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut
serta dalam tingkah laku tertentu dalam kondisi-kondisi khusus.
8. G.
A. Kimble
Pembelajaran merupakan perubahan kekal secara
relatif dalam keupayaan kelakuan akibat latihan yang diperkukuh.
9. Munif
Chatib
Pembelajaran adalah proses transfer ilmu dua
arah, antara guru sebagai pemberi informasi dan siswa sebagai penerima
informasi.
10. Duffy dan Roehler (1989)
Pembelajaran adalah suatu usaha yang sengaja
melibatkan dan menggunakan pengetahuan profesional yang dimiliki guru untuk
mencapai tujuan kurikulum.
11. Gagne dan Briggs (1979:3)
Pembelajaran adalah suatu sistem yang bertujuan
untuk membantu proses belajar siswa, yang berisi serangkaian peristiwa yang
dirancang, disusun sedemikian rupa untuk mempengaruhi dan mendukung terjadinya
proses belajar siswa yang bersifat internal.
C. Pengajaran
1. Pengajaran
adalah menampilkan atau membantu seseorang untuk
belajar bagaimana melakukan sesuatu, memberikan
instruksi,membimbing dalam studi sesuatu, memberikan dengan pengetahuan,menyebabkan untuk
mengetahui atau memahami (Brown, 2000:7).
2. Pengajaran adalah
proses menyajikan oleh seseorang ke yang lain dalam
agar mereka menerima, menguasai, dan mengembangkan materi (Karo-karo dalam Asopwan, 2003:9).
agar mereka menerima, menguasai, dan mengembangkan materi (Karo-karo dalam Asopwan, 2003:9).
3. Pengajaran adalah
proses, cara, dan kegiatan untuk membuat siswa belajar (Sufanti, 2010:29).
4. Pengajaran
adalah proses, perbuatan, cara mengajar atau mengajarkan perihal mengajar,
segala sesuatu mengenai mengajar, peringatan (tentang pengalaman, peristiwa
yang dialami atau dilihatnya). (Dariyanto S.S, Kamus Bahasa Indonesia, 1997)
5. Pengajaran
adalah kegiatan yang dilakukan guru dalam menyampaikan pengetahuan kepada siswa.
6. Pengajaran
juga diartikan sebagi interaksi belajar dan mengajar.
7. Pengajaran
berlangsung sebagai suatu proses yang saling mempengaruhi antara guru dan siswa.
RINGKASAN
Definisi bahasa, pembelajaran, dan pengajaran
dari berbagai sumber yaitu, bahasa adalah sistem bunyi yang terstruktur dan
arbitrar yang digunakan untuk berkomunikasi atau berinteraksi dalam suatu
kelompok sosial untuk menyampaikan gagasan atau perasaan. Sedangkan
pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber
belajar dalam mencapai perubahan tingkah laku yang melibatkan pengetahuan,
sikap, dan keterampilan. Definisi berikutnya adalah pengajaran yang diperoleh
dari berbagai sumber yaitu proses kegiatan membantu siswa dengan cara
membimbing, memberikan intruksi, dan memberikan pengetahuan agar
mereka menerima, menguasai, dan mengembangkan materi.
Belajar Bahasa sangatlah penting dalam kehidupan sebagai alat komunikasi. Disamping itu dalam blog ini akan membahas tentang Pembelajaran Bahasa Inggris. Dikarenakan Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang dijadikan alat komunikasi internasional. Kita juga perlu mempelajari Bahasa Inggris untuk menambahkan kemampuan dan pengetahuan kita. Namun Belajar Bahasa Inggris tidak semudah mempelajari bahasa yang telah kita gunakan sehari-hari (bahasa ibu). Maka dari itu kita akan membahas perihal tsb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar