Rabu, 08 Juli 2015

PEMBELAJARAN DAN PENGAJARAN BAHASA INGGRIS

DEFINISI BAHASA, PEMBELAJARAN, DAN PENGAJARAN
A.      Bahasa
1.        Bahasa adalah alat yang sistematis untuk menyampaikan gagasan atau perasaan dengan memakai tanda-tanda, bunyi-bunyi, gestur, atau tanda-tanda yang disepakati yang mengandung makna yang dapat dipahami (Webster’s Third New International Dictionary of the English Language, 1961:1270).
2.       Bahasa adalah sistem simbol vokal yang arbitrar yang memungkinkan semua orang dalam suatu kebudayaan tertentu, atau orang lain yang mempelajari sistem kebudayaan itu, berkomunikasi atau berinteraksi (Finocchiaro, 1964:8).
3.       Bahasa adalah sistem bunyi yang arbitrar yang dipergunakan oleh para anggota kelompok sosial untuk bekerjasama, berkomunikasi, dan mengidentifikasi diri (Kridalaksana dalam Kentjono, 1982:2).
4.       Bahasa adalah sistem bunyi dan urutan bunyi vokal yang terstruktur yang digunakan, atau dapat digunakan, dalam komunikasi interpersonal oleh sekelompok manusia dan secara lengkap digunakan untuk mengungkapkan sesuatu, peristiwa, dan proses yang terdapat di sekitar manusia (Carrol, 1961:10).
5.      Keraf dalam Smarapradhipa (2005:1), memberikan dua pengertian bahasa. Pengertian pertama menyatakan bahasa sebagai alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Kedua, bahasa adalah sistem komunikasi yang mempergunakan simbol-simbol vokal (bunyi ujaran) yang bersifat arbitrer.
6.       Language can be defined as a socially shared combinations of those symbols and rule governed combinations of those symbols (bahasa dapat didefenisikan sebagai kode yang diterima secara sosial atau sistem konvensional untuk menyampaikan konsep melalui kegunaan simbol-simbol yang  dikehendaki dan kombinasi simbol-simbol yang diatur oleh ketentuan) (Owen dalam Stiawan, 2006 : 1).
7.        Tarigan (1989 : 4), Beliau memberikan dua definisi bahasa :
Bahasa adalah suatu sistem yang sistematis barangkali untuk sistem generatif.
Bahasa adalah seperangkat lambang-lambang atau simbol-simbol arbiter.
8.       Bahasa adalah rangkaian bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia secara sadar (Santoso, 1990 : 1).
9.       Bahasa adalah sistem simbol bunyi yang bermakna dan berartikulasi (dihasilkan oleh alat ucap) yang bersifat arbitrer dan konvensional, yang dipakai sebagai alat berkomunikasi oleh sekelompok manusia untuk melahirkan perasaan dan pikiran (Wibowo, 2001:3).
10.   Bahasa adalah komunikasi yang paling lengkap dan efektif untuk menyampaikan ide, pesan, maksud dan pendapat kepada orang lain (Wibowo, Walija, 1990 : 4).
11.   Bahasa adalah suatu sistem yang mengutarakan dan melepaskan apa yang terjadi pada sistem saraf (Pengabean, 1981 : 5).
12.   Bahasa adalah alat yang dipakai untuk membentuk pikiran dan perasaan, keinginan dan perbuatan-perbuatan, alat yang dipakai untuk mempengaruhi dan dipengaruhi. Kedua, bahasa adalah tanda yang jelas dari kepribadian yang baik maupun yang buruk, tanda yang jelas dari keluarga dan bangsa, tanda yang jelas dari budi kemanusiaan (Syamsuddin, 1986:2).
13.   Bahasa adalah suatu sarana perhubungan rohani yang penting dalam hidup bersama (Soejono, 1983 : 01).

B.      Pembelajaran
1.       Knowles
Pembelajaran adalah cara pengorganisasian peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan.
2.       Slavin
Pembelajaran didefinisikan sebagai perubahan tingkah laku individu yang disebabkan oleh pengalaman.
3.       Woolfolk
Pembelajaran berlaku apabila sesuatu pengalaman secara relatifnya menghasilkan perubahan kekal dalam pengetahuan dan tingkah laku.
4.       Crow & Crow
Pembelajaran adalah pemerolehan tabiat, pengetahuan dan sikap.
5.       Rahil Mahyuddin
Pembelajaran adalah perubahan tingkah laku yang melibatkan ketrampilan kognitif yaitu penguasaan ilmu dan perkembangan kemahiran intelek.
6.       Achjar Chalil
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
7.       Corey
Pembelajaran adalah suatu proses dimana lingkungan seseorang secara disengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku tertentu dalam kondisi-kondisi khusus.
8.       G. A. Kimble
Pembelajaran merupakan perubahan kekal secara relatif dalam keupayaan kelakuan akibat latihan yang diperkukuh.
9.       Munif Chatib
Pembelajaran adalah proses transfer ilmu dua arah, antara guru sebagai pemberi informasi dan siswa sebagai penerima informasi.
10.   Duffy dan Roehler (1989)
Pembelajaran adalah suatu usaha yang sengaja melibatkan dan menggunakan pengetahuan profesional yang dimiliki guru untuk mencapai tujuan kurikulum.
11.   Gagne dan Briggs (1979:3)
Pembelajaran adalah suatu sistem yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa, yang berisi serangkaian peristiwa yang dirancang, disusun sedemikian rupa untuk mempengaruhi dan mendukung terjadinya proses belajar siswa yang bersifat internal.

C.     Pengajaran
1.       Pengajaran adalah menampilkan atau membantu seseorang untuk belajar bagaimana melakukan sesuatu, memberikan instruksi,membimbing dalam studi sesuatu, memberikan dengan pengetahuan,menyebabkan untuk mengetahui atau memahami (Brown, 2000:7).
2.       Pengajaran adalah proses menyajikan oleh seseorang ke yang lain dalam
agar mereka menerima, menguasai, dan mengembangkan materi (Karo-karo dalam Asopwan, 2003:9).
3.       Pengajaran adalah proses, cara, dan kegiatan untuk membuat siswa belajar (Sufanti, 2010:29).
4.       Pengajaran adalah proses, perbuatan, cara mengajar atau mengajarkan perihal mengajar, segala sesuatu mengenai mengajar, peringatan (tentang pengalaman, peristiwa yang dialami atau dilihatnya). (Dariyanto S.S, Kamus Bahasa Indonesia, 1997)
5.       Pengajaran adalah kegiatan yang dilakukan guru dalam menyampaikan pengetahuan kepada siswa.
6.       Pengajaran juga diartikan sebagi interaksi belajar dan mengajar.
7.       Pengajaran berlangsung sebagai suatu proses yang saling mempengaruhi antara guru dan siswa.

RINGKASAN

Definisi bahasa, pembelajaran, dan pengajaran dari berbagai sumber yaitu, bahasa adalah sistem bunyi yang terstruktur dan arbitrar yang digunakan untuk berkomunikasi atau berinteraksi dalam suatu kelompok sosial untuk menyampaikan gagasan atau perasaan. Sedangkan pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar dalam mencapai perubahan tingkah laku yang melibatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Definisi berikutnya adalah pengajaran yang diperoleh dari berbagai sumber yaitu proses kegiatan membantu siswa dengan cara membimbing, memberikan intruksi, dan memberikan pengetahuan agar mereka menerima, menguasai, dan mengembangkan materi.



Belajar Bahasa sangatlah penting dalam kehidupan sebagai alat komunikasi. Disamping itu dalam blog ini akan membahas tentang Pembelajaran Bahasa Inggris. Dikarenakan Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang dijadikan alat komunikasi internasional. Kita juga perlu mempelajari Bahasa Inggris untuk menambahkan kemampuan dan pengetahuan kita. Namun Belajar Bahasa Inggris tidak semudah mempelajari bahasa yang telah kita gunakan sehari-hari (bahasa ibu). Maka dari itu kita akan membahas perihal tsb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar